Kamis 28 Nov 2013 18:11 WIB

Menlu Iran Temui Negara Tetangga Bahas Perbatasan

Muhammad Javed Zarif
Foto: EPA/Ahmad Al Rubaye
Muhammad Javed Zarif

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, mengadakan pertemuan terpisah dengan menteri luar negeri Pakistan, Azerbaijan, Kirgistan dan Afghanistan di sela-sela pertemuan tingkat menteri ECO-21 di Teheran.

''Pakistan siap bekerja sama bagi pembentukan lebih lanjut keamanan di perbatasan dan pertukaran perutusan keamanan dengan Iran,'' kata Menteri Luar Negeri Pakistan, Sartaj Aziz, dalam pertemuan dengan Zarif.

Dia juga menekankan peningkatan hubungan ekonomi antara kedua negara. Aziz mengatakan negaranya siap untuk mengirimkan delegasi minyak ke Iran untuk melakukan pembicaraan mengenai pembangunan pipa gas Iran ke Pakistan yang haus energi.

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Azerbaijan Elmar Mammadyarov, Zarif menekankan hubungan konsolidasi antara kedua pihak. Dia menyerukan untuk menghapus hambatan dalam pengembangan kerja sama timbal balik.

''Kedua negara dapat bekerja sama di bidang hukum, perbatasan, transportasi, energi dan air,'' kata Zarif.

Dalam pertemuan dengan timpalannya Menlu Kirghizstan Erlan Abdyldaev, Zarif menekankan perluasan lebih lanjut kerja sama antara kedua negara di semua bidang.

Di tempat lain dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Afghanistan Zalmai Rassoul, Zarif mengatakan penarikan pasukan asing dari Afghanistan membuka jalan bagi upaya membangun ketenangan dan memusnahkan ekstrimisme di Afghanistan.

Dia menambahkan Iran siap untuk bekerja sama dengan Afghanistan untuk memerangi ekstrimisme, teror, perang, perdagangan narkoba dan masalah perbatasan.

sumber : Antara/ISNA-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement