Senin 02 Dec 2013 13:36 WIB

Punya Banyak Anak, Sutradara Ini Minta Maaf

Zhang Yimou
Foto: Reuters
Zhang Yimou

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Sutradara film terkemuka di Cina, Zhang Yimou, mengakui bahwa ia dan istrinya memiliki tiga anak. Dia bahkan menjadi ayah bagi tujuh anak.

Yimou mengakuinya setelah pihak berwajib memanggil agennya untuk menanyakan kemungkinan dia melanggar kebijakan satu anak.

Dalam pernyataan yang diunggah ke Weibo pada Minggu malam, sutradara film 'Hero' dan 'House of Flying Daggers' itu meminta maaf atas pelanggaran yang dilakukannya.

Ia mengaku bekerjasama dengan petugas Keluarga Berencana di kota Wuxi di daerah timur dan menyatakan bersedia mendapat hukuman apa pun.

"Zhang Yimou dan istrinya Chen Ting membenarkan bahwa mereka memiliki dua putra dan seorang putri," demikian tertulis di Weibo.

"Sebagai akibat sikap buruk yang telah saya lakukan, dengan ini saya menyatakan permohonan maaf dari lubuk hati."

Kantor Berita pemerintah Xinhua melaporkan pekan lalu bahwa pihak berwenang di Wuxi akan memeriksa agennya karena sang sutradara menghilang.

Pada Mei, laporan media online merebak mengenai Zhang, yang tampil memukau dalam pembukaan Olimpiade Beijing 2008, bahwa ia memiliki tujuh anak sehingga bisa didenda sebesar 26 juta dolar.

Pihak berwenang mengatakan tidak bisa menemukan Zhang dan sudah menerjunkan tim untuk melacak sang sutradara beserta istrinya Chen Ting.

Zhang (61) dikenal sebagai 'anak nakal' dalam perfilman Cina dan film-filmnya dilarang diputar di dalam negeri tetapi terkenal di mancanegara.

Ia kemudian menjadi sosok kesayangan di Partai Komunis dan menjadi sorotan tabloid gosip atas ulahnya bersama para artis.

Pemerintah pekan lalu menyatakan akan mengizinkan pasangan tersebut untuk memiliki anak kedua apabila salah satu orangtua adalah anak tunggal. Kebijakan itu sangat longgar di tengah rejim yang sangat ketat mengendalikan kependudukan selama tiga dasawarsa.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement