Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Snowden Ternyata Berguru 'Nge-hack' di India, Ini Tempat Kursusnya

Rabu 04 Dec 2013 07:37 WIB

Red: Julkifli Marbun

Edward Snowden

Edward Snowden

Foto: AP Photo/Human Rights Watch, Tanya Lokshina

REPUBLIKA.CO.ID, BANGALORE -- Peretas ternama yang mengguncang mesin intelijen Amerika Serikat dan mendorong para pemimpin dunia mempertanyakan Washington karena memata-matai mereka, ternyata sebelumnya pernah berguru di India.

Edward Snowden, kontraktor National Security Agency yang berubah menjadi whistleblower itu menghabiskan waktunya seminggu di New Delhi mengikuti pelatihan inti pemrograman Java dan hacking etis yang canggih, dilaporkan the Times of India.

Berkat pelatihan ini dia berhasil menyabet sertifikat EC-Council Certified Security Analyst (ECSA).

Pria yang sekarang bersembunyi di Rusia  itu menjadi buronan hukum AS dengan tuduhan spionase karena membocorkan dokumen yang terkait dengan pengawasan AS.

Snowden dilatih pelatihan IT dan penyedia sertifikasi Koenig Solutions di Moti Nagar, New Delhi pada tahun 2010. Ia terbang ke India pada 3 September dari Jepang dan kembali ke Amerika Serikat pada 9 September.

Dari data pendaftaran tamu asing di hotel, yang salinan didapatkan TOI, menunjukkan Snowden mendaftar di Koenig Inn yang dimiliki lembaga di Karol Bagh itu pada pukul 14:30 waktu setempat tanggal 3 September.

"Dia membayar lebih dari 2.000 USD untuk biaya pelatihannya, penginapan dan asrama," kata Rohit Aggarwal, pendiri dan CEO dari Koenig Solutions.

Disebutkan, sebelum belajar mengenai keamanan dan teknik meretas di India, Snowden telah memiliki berbagai sertifikat dari tempat lain. Di antaranya, Microsoft Certified Solutions Experts (MCSE), EC-Council's Certified Ethical Hacker (CEH), Project Management Professional (PMP) dan sertifikat Network+ and Security+ dari Computer Technology Industry Association (CompTIA), sebuah asosiasi untuk meningkatkan keahlian profesional IT.

sumber : The Times of India
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA