Rabu 04 Dec 2013 11:55 WIB

AS Hentikan Pengiriman Pasokan Lewat Jalur Pakistan

Aksi kekerasan melanda Pakistan (ilustrasi)
Foto: EPA/Waheed Khan
Aksi kekerasan melanda Pakistan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Militer Amerika Serikat pada Selasa menangguhkan pengiriman peralatan dari Afghanistan melalui Pakistan, merujuk pada protes-protes yang menjadi ancaman bagi keselamatan para pengemudi truk. Demikian kata para pejabat.

Langkah itu muncul setelah para aktivis yang menggunakan tongkat pemukul di Pakistan barat laut secara paksa mencari truk-truk persediaan NATO sebagai protes atas serangan pesawat tak berawak AS di wilayah kesukuan.

"Kami telah secara sukarela menghentikan pengiriman kargo AS melalui Komunikasi Jalur Darat Pakistan (GLOCC) dari Gerbang Torkham melalui Karachi," kata juru bicara Pentagon, Mark Wright, dalam sebuah pernyataan.

Dia mengacu pada rute darat utama yang digunakan oleh Amerika dan NATO untuk menarik peralatan militer dari Afghanistan, sebagai bagian dari paket penarikan pasukan yang seluruhnya dituntaskan pada akhir 2014.

Truk-truk tersebut telah diberitahu untuk menunggu di daerah di Afghanistan. "Kami mengantisipasi bahwa kami akan dapat melanjutkan pengiriman kami melalui rute ini dalam waktu dekat," kata Wright.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement