Jumat 06 Dec 2013 05:11 WIB

Nelson Mandela Meninggal Dunia

Nelson Mandela saat diabadikan pada tahun 2005.
Foto: EPA/Kim Ludbrokk
Nelson Mandela saat diabadikan pada tahun 2005.

REPUBLIKA.CO.ID, Mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela meninggal dunia pada usia 95 tahun. Hal ini diungkap oleh Presiden Afsel Jacob Zuma. ''Negara ini telah kehilangan putra terbaiknya. Dia sudah beristirahat dalam damai sekarang,'' ujar Zuma.

Zuma telah menyatakan bahwa negaranya berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian Mandela, seperti dilansir situs mailonline.

Mandela (95 tahun) meninggal dunia karena mengalami infeksi paru-paru. Sepanjang perawatan, dia sempat tak bisa berbicara karena ada semua selang di mulutnya untuk membersihkan (cairan dari) paru-parunya.

Mandela sempat diperbolehkan meninggalkan rumah sakit pada 1 September dan pulang ke rumahnya di pinggiran Houghton, Johannesburg, setelah hampir tiga bulan dirawat karena infeksi paru-paru. Winnie menyatakan mantan suaminya tak menggunakan alat untuk menyangga hidupnya.

Mandela, yang menghabiskan waktunya selama 27 tahun dalam penjara apartheid sebelum menjadi pemimpin kulit hitam pertama Afrika Selatan, telah mengalami beberapa gangguan kesehatan. Perawatannya di rumah sakit beberapa waktu lalu termasuk paling lama sejak ia bebas dari penjara 1990.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement