Jumat 06 Dec 2013 09:09 WIB

Obama Perintahkan Pengibaran Bendera Setengah Tiang Untuk Mandela

Barack Obama
Foto: tibetsun.com
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Kamis memerintahkan pengibaran bendera setengah-tiang di Gedung Putih dan gedung-gedung publik lainnya, sebagai tanda berkabung AS atas kematian pahlawan anti-apartheid Nelson Mandela.

Perintah Obama ini juga diperluas untuk misi-misi AS di luar negeri, pos-pos militer, stasiun angkatan laut dan kapal-kapal militer, itu berlaku sampai matahari terbenam pada Senin.

Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, meninggal dunia di kediamannya di Johannesburg Kamis pada usia 95, setelah sebelumnya mengalami sakit infeksi paru-paru, kata Presiden Afsel Jacob Zuma.

Mandela merupakan presiden kulit hitam pertama dan ikon anti-apartheid di negara itu dan dikenang sebagai tokoh yang mampu bangkit dari masa tahanan 27 tahun di penjara dan memimpin Afrika Selatan dalam perang berdarah menuju demokrasi.

"Rakyat Afrika Selatan, Nelson Rohlihla Mandela yang kita cintai, pendiri sistem demokrasi di negara kita, telah berpulang hari ini," kata Zuma dalam pidato yang disiarkan di televisi.

"Kita telah kehilangan seorang ayah, walaupun kita tahu hari ini pasti akan terjadi, tetap saja tidak mengurangi rasa kehilangan kita yang mendalam. Perjuangan tanpa lelahnya dalam memeroleh kebebasan mengundang rasa hormat dari seluruh dunia, sementara keramahan, semangat dan rasa kemanusiannya membuat Mandela begitu dicintai," kata Zuma.

Zuma mengatakan Mandela akan dimakamkan dengan upacara kenegaraan, sementara rakyat Afrika Selatan dihimbau memasang bendera setengah tiang sebagai tanda berkabung.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement