Jumat 06 Dec 2013 14:08 WIB

Semua Bendera Prancis Berkibar Setengah Tiang untuk Mandela

Nelson Mandela
Foto: AP//Elmond Jiyane
Nelson Mandela

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Semua bendera Prancis akan berkibar setengah tiang sebagai penghormatan bagi Nelson Mandela. 

"Semua umat manusia berduka," kata kata Perdana Menteri Prancis Jean-Marc Ayrault di Beijing pada hari kedua lawatannya di Cina, Jumat (6/12).

Ia memuji mendiang pemimpin anti-pembedaan ras itu sebagai sosok yang luar biasa. "Prancis bergabung dalam suasana duka ini. Berdiri bersama-sama dengan rakyat Afrika Selatan yang hari ini menangis karena kehilangan sosok hebat," katanya.

Menurut dia, Mandela meerupakan simbol kemanusiaan. "Dia meninggalkan warisan bagi kita. Kita semua bertanggung jawab untuk (menjaganya)," katanya.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan sebelumnya ia mengatakan, selama hidupnya Mandela berjuang dengan berani demi keadilan dan menentang kejahatan pembedaan ras.

"Dengan rasa hormat dan kemanusiaan, saya menundukkan kepala bagi sosok luar biasa ini, yang akan menjadi inspirasi bagi semua umat manusia," katanya. 

Ia juga menyebut penerima hadiah Nobel Perdamaian itu telah menjalankan kepempimpinan dengan bijaksana dan mengusung kejujuran bagi kebersamaan dan rekonsiliasi. Serta telah memandu rakyatnya menuju kemerdekaan dan martabat. 

"Perjuangannya menentang rasisme dan bagi kebebasan berjalan tanpa batas serta memberikan dampak secara universal," katanya seperti dilansir AFP.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement