Selasa 10 Dec 2013 08:36 WIB

Kediaman Nelson Mandela Dibanjiri Karangan Bunga

Nelson Mandela dan cucu-cucunya.
Foto: Reuters/Peter Morey
Nelson Mandela dan cucu-cucunya.

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Empat hari setelah meninggalnya mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, ratusan orang yang mengunjungi rumahnya di Johannesburg. Mereka meninggalkan karangan bunga, kartu belasungkawa, balon dan lilin yang menyala, sehingga membentuk tembok warna-warni.

Semua bunga cinta yang dikirim oleh orang dari berbagai suku, bermacam kewarganegaraan dan dari dalam serta luar Afrika Selatan, untuk memperlihatkan penghargaan mereka bagi orang yang sangat mereka cintai.

Bunga yang berwarna hijau, kuning, merah dan putih mendominasi tembok tersebut, sementara bunga warna ungu, jingga dan biru juga tak mau ketinggalan. Semua bunga itu terdiri atas bunga asli dan tiruan, dalam bentuk bunga satuan atau karangan bunga.

Balon dengan bermacam warna, yang juga diberikan oleh orang yang datang, telah memberi nuansa seperti pelangi di antara tumpukan bunga.

Juga ada ratusan kartu ucapan belasungkawa dengan pesan berupa pujian buat Mandela, yang meninggal pada 5 Desember lalu. Setelah selama berbulan-bulan berjuang melawan infeksi paru-parunya yang kambuh lagi.

Satu pesan dari orang yang bernama Alessio berisi pesan, "Anda takkan pernah dilupakan." Dhama Naidoo dan keluarganya memilih untuk menuliskan, "Terima kasih atas pekerjaan yang dikerjakan dengan baik."

Satu kaus berwarna kuning yang tergantung di atas tumpukan bunga bertuliskan pesan "terima kasih karena membuat Afrika Selatan jadi tempat yang lebih baik".

Ratusan lilin yang berwarna-warni dan bermacam bentuk terus menyala di samping tumpukan bunga meskipun udara berangin dan hujan turun beberapa kali. 

Orang yang membawa lilin itu mengatakan semua itu adalah lambang perdamaian, dan menyoroti cahaya yang mereka saksikan dalam kehidupan Mandela.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement