Kamis 12 Dec 2013 13:30 WIB

Gohan dan Ao, Hamster dan Ular Jepang yang Bersahabat

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
Gohan dan Ao, Hamster dan Ular Jepang yang Bersahabat
Foto: Rocketnews24
Gohan dan Ao, Hamster dan Ular Jepang yang Bersahabat

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- ROLers, kita semua belajar tentang hubungan antara predator dan mangsa di buku-buku pelajaran sekolah.

Namun, ada beberapa sisi di mana alam berkata lain, tak selamanya yang namanya predator akan memakan hewan lain yang seharusnya menjadi mangsanya.

Itulah yang ditunjukkan Gohan dan Ao, seekor hamster dan ular di Jepang yang akrab beradaptasi dalam keseharian mereka. Hubungan antara keduanya adalah sebuah keajaiban, sebab si hamster (Ao) sebetulnya adalah makanan alami bagi si ular (Gohan).

Kedua hewan ini sudah bersahabat sejak musim gugur 2005 lalu. Ceritanya, Ao selalu diberikan makanan tikus mati sebagai makanannya sehari-hari selama beberapa waktu.

Pada 2005, Ao tampak kehilangan nafsu makannya dan tak mau lagi makan tikus. Pemiliknya berpikir si ular telah kehilangan nafsu makannya dan berpikir jika mereka memberikan makanan segar maka Ao akan berubah.

Kemudian, si pemilik membeli seekor hamster, diberi nama Gohan. Saat Gohan dimasukkan ke dalam kandang Ao di Tokyo Mutsugoro Animal Kingdom. Ajaibnya, Ao tetap saja tak menunjukkan tanda-tanda ingin melahap Gohan.

Beberapa orang yang skeptis berpendapat bahwa sudah menjadi rahasia umum bahwa ular mengurangi aktivitasnya untuk makan makanan hidup ketika cuaca di Jepang semakin dingin.

Mereka mulai mempersiapkan hibernasi selama musim dingin, sehingga si hamster beruntung bisa lolos dari mulut si ular. Sejak itu keduanya mulai berteman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement