Jumat 13 Dec 2013 02:53 WIB

Presiden Somalia Angkat Ekonom Sebagai PM Baru

Presiden baru Somalia, Hassan Sheikh Mohamud
Foto: capitalfm.co.ke
Presiden baru Somalia, Hassan Sheikh Mohamud

REPUBLIKA.CO.ID, MOGADISHU - Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud hari Kamis mengangkat ekonom Abdiweli Sheikh Ahmed sebagai perdana menteri yang baru, mengakhiri kelumpuhan politik selama beberapa pekan.

Ahmed sebelumnya bekerja di Bank Pembangunan Islam di Arab Saudi. Ia akan menggantikan Abdi Farah Shirdon, yang dipaksa mundur oleh anggota-anggota parlemen dalam mosi tidak percaya setelah ia berselisih dengan presiden.

"Kami mendapati bahwa Abdiweli Sheikh adalah orang yang paling cocok untuk menjadi perdana menteri Somalia," kata Mohamud kepada para menteri, anggota parlemen dan pejabat militer di istana presiden yang dijaga ketat. "Kami berharap ia akan membawa kemajuan bagi Somalia," tambahnya.

Ahmed lahir di daerah Gedo, Somalia selatan, dan pendatang baru di dunia politik, seperti juga Mohamud ketika ia dipilih sebagai presiden oleh anggota-anggota parlemen 15 bulan lalu.

Sekutu-sekutu asing menganggap Mohamud dan pemerintah barunya sebagai peluang terbaik Somalia dalam dua dasawarsa ini untuk menghilangkan label Somalia sebagai "negara gagal".

Namun, ia harus berjuang untuk mengatasi politik pecah-belah suku, korupsi dan militansi kelompok garis keras yang berkelanjutan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement