Sabtu 14 Dec 2013 11:10 WIB

Foto 'Selfie' Obama, Narsis atau Salah Tempat?

Foto diri (selfie) Obama, Cameron dan Thorning-Schmid
Foto diri (selfie) Obama, Cameron dan Thorning-Schmid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prosesi pemakaman mempunyai arti yang berbeda-beda di berbagai kebudayaan. Pada pemakaman tertentu, suasana hening dan tafakkur lebih ditekankan, namun di budaya lain dengan kondisi tertentu, justru suasana bahagia yang ditunjukkan.

Foto 'selfie' Presiden Barack Obama dkk baru-baru ini menghebohkan dunia maya karena dilakukan di sebuah prosesi pemakaman. Ada yang memuji sikap 'manusiawi' Obama itu ada juga yang melihatnya tidak pada tempatnya.

Fotografer Roberto Schmidt yang berhasil mengabadikan sikap narsis Presiden Barack itu mengatakan, dalam pesta pemakaman tersebut, ada prosesi tarian, bernyanyi dan 'keceriaan' sebagai bagian dari perayaan kesuksesan hidup Nelson Mandela.

Menurut Elaine Swann, yang menuliskan pengakuan Schmidt dalam sebuah artikel di laman CNN berjudul "What's the etiquette of 'selfies' at funerals?" mengatakan dengan kondisi seperti itu, sikap 'selfie' Obama tidaklah merupakan sesuatu yang aneh, walau banyak yang mengkritisi bahwa dalam prosesi pemakaman, seorang pemimpin dunia tidak seharusnya terlihat ke publik dalam kondisi bercanda.

Diminta tanggapannya mengenai pesan politik dari foto 'selfie' Obama, politisi Golkar Pompida Hidayatullah setuju dengan yang mengkritisi sikap Obama itu.

"Seyogyanya dalam konteks tingkah laku, dari berbagai aspek, tingkah laku para pemimpin memang harus terjaga dengan baik. Terutama di mata publik. Karena pemimpin itu adalah contoh bagi yang dipimpin," katanya.

"Apalagi dalam acara-acara formal yang semestinya memberikan kehormatan kepada seseorang yang baru meninggal," lanjutnya.

Namun, I Nyoman Ardiantha, dosen Hubungan Internasional di Universitas Trisakti, Jakarta setuju dengan pendapat yang pertama.

"Pemakaman Mandela, kenapa mesti disedihkan. Warisannya di dunia sudah sampai ke umat manusia. Kalau perlu gerakan selfie internasional dengan rekan-rekan beda warna perlu dilakukan, sebagai cinta kasih kita ke Mandela," kata pria berdarah Bali ini.

Seperti diketahui, dalam prosesi pemakaman Nelson Mandela, Obama bersama Perdana Menteri Inggris, David Cameron dan Perdana Menteri Denmark, Helle Thorning-Schmid, berfoto bersama secara narsis di Stadion First National Bank (FNB) di Johannesburg, Afrika Selatan. Dalam foto yang lain, Obama juga tampak 'menggoda' PM Denmark dibarengi pandangan muram dari ibu negara AS, Michelle Obama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement