Jumat 20 Dec 2013 20:35 WIB

Shafiq Dukung Al Sisi Jadi Presiden Mesir

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Dewi Mardiani
Ahmed Shafiq
Foto: Guardian.co.uk
Ahmed Shafiq

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Partai politik yang didirikan oleh mantan perdana menteri Mesir, Ahmed Shafiq, yaitu Partai Gerakan Nasional, menyatakan dukungan mereka atas kemungkinan pencalonan Abdel Fattah Al Sisi sebagai presiden.

“Shafiq telah mengumumkan, ia akan mendukung Menteri Pertahanan Al Sisi menjadi Presiden Mesir,” kata Wakil Ketua Partai Gerakan Nasional, Yehiya Qadri, Jumat (20/12).

Kendati demikian, ujar Qadri lagi, jika ternyata Al Sisi lebih memilih untuk tidak mencalonkan diri, maka Shafiq bersedia untuk maju kembali dan menggandeng Al Sisi untuk bekerja sama dengannya.

Dilansir World Bulletin, pernyataan tersebut disampaikan Qadri dalam sebuah konferensi pers yang digelar untuk merayakan ‘kebebasan’ Shafiq.

Pengadilan Mesir telah membebaskan mantan perdana menteri terakhir di era Mubarak itu dari sejumlah tuduhan kejahatan, Kamis (19/12) kemarin. Saat ini, Shafiq menetap di Uni Emirat Arab sejak usahanya meraih jabatan presiden Mesir kandas pada pemilu tahun lalu.

Setelah keluarnya putusan pengadilan tersebut, kata Qadri, Shafiq akan segera kembali ke Mesir untuk mengawasi kampanye partainya untuk pemilihan umum parlemen mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement