Sabtu 21 Dec 2013 09:40 WIB

Olimpiade 2016, Swedia Pinjamkan Jet ke Brasil

Stadion Marcana, Rio de Janeiro, Brasil
Foto: Mexsport
Stadion Marcana, Rio de Janeiro, Brasil

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Swedia akan meminjamkan Brasil beberapa jet tempur Gripen NG, jenis yang belum lama ini dibeli oleh Brazil dari Perusahaan Saab di Swedia. Peminjaman itu terkait untuk Pertandingan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Jejaring berita Brasil, G1, Jumat (20/12), menyatakan jet tersebut akan dipinjamkan kepada Brazil oleh Angkatan Udara Swedia, sebab 36 jet yang dibeli oleh Brazil belum siap dikirim sapai 2023.

Brasil membeli jet itu untuk memperbarui armada jet Mirage milik Angkatan Udaranya yang akan dipensiunkan. Menurut laporan Xinhua yang dikutip Sabtu (21/12), Brigadir Angkatan Udara Brazil Jose Augusto Crepaldi Affonso, yang memimpin pengambilan keputusan untuk membeli jet Swedia, mengatakan kepada G1 enam dari 12 jet tersebut akan dipinjamkan kepada Brasil untuk meningkatkan keamanan selama pertandingan musim panas itu.

Ketika ditanya apakah jet tersebut akan berada di Brasil pada waktunya untuk pertandingan final Piala Dunia FIFA 2014, yang akan dituanrumahi oleh 12 kota besar Brasil pada Juni dan Juli, Crepaldi mengatakan itu tampaknya tak mungkin, sebab perundingan mengenai pinjaman tersebut belum dilaksanakan.

"Saya kira peluangnya terlalu kecil, sekitar 20 persen," kata Creapldi. "Namun, untuk Pertandingan Olimpiade, semuanya tentu akan ada di sini."

Brasil pada Rabu (18/12) mengumumkan keputusannya untuk membeli jet tempur dari Saab, melalui kesepakatan bernilai 4,5 miliar dolar AS, dan menyatakan negara Amerika Selatan itu akan memperhitungkan biaya dan alih teknologi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement