Ahad 29 Dec 2013 13:08 WIB

Empat Spesies Laut Baru Ditemukan di Skotlandia

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Fernan Rahadi
Siput laut besar 'Volutopsius scotiae' yang ditemukan bersama tiga spesies baru di lepas pantai Skotlandia.
Foto: theguardian.co.uk
Siput laut besar 'Volutopsius scotiae' yang ditemukan bersama tiga spesies baru di lepas pantai Skotlandia.

REPUBLIKA.CO.ID, SKOTLANDIA -- Ilmuwan kelautan menemukan empat spesies laut baru di perairan dalam di lepas pantai Skotlandia. Spesies baru itu adalah siput laut besar, dua jenis kerang dan seekor cacing laut.

Keempat hewan tersebut ditemukan saat survei Marine Scotland di sekitar dataran tinggi di Atlantik utara. Para peneliti percaya spesies itu hidup di habitat dimana gas metan dan hidrokarbon lain berkumpul.

Habitat yang kompleks tersebut terkumpul di dasar laut sama seperti yang ditemukan di sekitar ventilasi hidrotermal panas di bukit-bukit di tengah laut. Para peneliti berharap bisa menemukan spesies perairan dalam unik lainnya di sana.

"Jika benar, mereka (spesies baru) memberi kami kesempatan mengobservasi sejumlah spesies yang tidak ditemukan di bagian bumi lain," ujar Direktur WWF Skotlandia Lang Banks, seperti dilansir The Guardian, Sabtu (28/12).

Jim Drewery dari lembaga Sains Kelautan Skotlandia juga sangat antusias dengan temuan ini. Dia mengatakan jejak siput laut berukuran sekitar 10 sentimeter hilang sejak puluhan tahun lalu.

"Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan. Perlu ada penyelaman di dasar laut," katanya.

Cacing laut yang ditemukan diberi nama Antonbrunnia. Cacing ini merupakan yang pertama ditemukan di Atlantik. Siput laut diberi nama Volutopsius scotiae. Kerang dinamakan Thyasira scotiae dan Isorropodon mackayi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement