Rabu 01 Jan 2014 08:17 WIB

Begini Nasib Nuklir Iran

fasilitas nuklir Iran
Foto: frontpagemag.com
fasilitas nuklir Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Kekuatan-kekuatan dunia dan Iran telah sepakat untuk mulai melaksanakan persetujuan yang mewajibkan Teheran menangguhkan pekerjaan nuklirnya yang paling sensitif akhir Januari, kata seorang pejabat yang dikutip media pada Selasa.

Belum ada konfirmasi segera mengenai persetujuan itu dari enam kekuatan tersebut - Amerika Serikat, Rusia, China, Prancis, Inggris dan Jerman - atau Uni Eropa, yang melakukan kontak-kontak dengan Iran atas nama keenam negara tersebut.

Persetujuan yang dilaporkan itu menyusul hampir 23 jam pembicaraan antara para pakar nuklir dari Iran dan enam kekuatan tersebut yang diadakan di Jenewa pada Senin dan Selasa. Tujuh negara itu telah bertemu beberapa kali sejak para wakil mereka membuat kesepakatan terobosan pada 24 November untuk memuluskan rincian praktis dan memutuskan kapan perjanjian akan dilaksanakan.

Seorang perunding nuklir Iran, Hamid Baeidinejad, mengatakan satu tanggal disepakati pada Selasa. "Berdasarkan simpulan (yang dicapai) dalam pembicaraan yang diadakan dengan ... delegasi pakar, pelaksanaan persetujuan Jenewa akan dimulai pada sepuluh hari ketiga Januari," kata Baedinejad yang dilansir Press TV dari Iran.

"Kedua pihak berusaha mencapai pemahaman atas implementasi perjanjian itu dan sekarang pandangan dan interpretasi mereka sama," kata dia.

Walau demikian, pemerintah AS dan Inggris dan UE mengindikasikan masih ada pekerjaan bagaimana melaksanakan persetujuan November itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement