Kamis 02 Jan 2014 12:19 WIB

Juru Masak Cina Terbang dengan Balon ke Pulau yang Disengketakan

Rep: Gita Amanda/ Red: Maman Sudiaman
Balon yang ditumpangi Xu jatuh di laut
Foto: AFP
Balon yang ditumpangi Xu jatuh di laut

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO-- Seorang juru masak Cina berusaha terbang dengan balon udara ke pulau-pulau yang tengah diklaim oleh Cina dan Jepang. Ia diselamatkan oleh penjaga pantai Jepang, setelah balon udaranya jatuh di laut.

Juru masak bernama Xu Shuaijun (35 tahun) jatuh pada Rabu (1/1), setelah balon udaranya mengalami turbulensi saat mendekati pulau-pulau, yang dikenal Jepang dengan Senkaku dan Cina menyebutnya Diayou. Hal ini diungkapkan salah seorang penjaga pantai Jepang pada Kamis (2/1), seperti dilansir The Associated Press.

Sebelumnya penjaga pantai menerima laporan adanya orang hilang dari pejabat Taiwan. Kemudian helikopter penjaga pantai melihat Xu berada sekitar 20 kilometer dari pulau-pulau itu.

Ia kemudian dijemput oleh perahu dan diserahkan pada kapal patroli Cina. Menurut penjaga pantai, kondisinya tak dalam bahaya meski tak ada rincian lebih lanjut mengenai kondisi Xu.

Pulau-pulai tersebut telah menjadi titik ketegangan bertahun-tahun antara Jepang, Cina, Taiwan dan Hongkong. Terkadang warga dari negara-negara itu, mencoba berlayar ke pulau tersebut.

Kunjungan baru-baru ini Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ke kuil Yasukuni mengundang kemarahan Cina. Kuil tersebut selama ini menjadi tempat untuk menghormati para korban Perang Dunia II, termasuk para penjahat perang Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement