Sabtu 04 Jan 2014 07:31 WIB

Orang Gemuk di Seluruh Dunia Naik Tiga Kali Lipat

Anak Obesitas (ilustrasi)
Foto: eivf.net
Anak Obesitas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penduduk dewasa yang kelebihan berat badan di negara berkembang, naik tiga kali lipat sejak 1980.

Laporan itu disampaikan British Overseas Development Institute (ODI) yang disiarkan tepat saat orang memikirkan diet pada pergantian tahun. Dalam tayangan itu diperlihatkan jumlah orang dewasa yang kelebihan berat dan kegemukan di dunia naik dari 250 juta menjadi 904 juta dari 1980 sampai 2008.

"Jumlah itu jauh lebih banyak dari pertama kali dicatat di negara kaya," kata ODI, kelompok pemikir independen utama Inggris mengenai masalah kemanusiaan dan pembangunan internasional.

Di Cina dan Meksiko, angka orang yang kelebihan berat dan kegemukan naik hampir dua kali lipat, sementara di Afrika Selatan jumlahnya naik sepertiga. Angka itu lebih banyak dibandingkan Inggris. Jumlah kenaikan orang gemuk di Afrika Utara, Timur Tengah dan Amerika Latin sejajar dengan Eropa.

Menurut laporan tersebut, hampir 25 persen warga di Cina kelebihan berat atau kegemukan. Meskipun angka tersebut separuh jumlahnya di Meksiko, itu cukup tinggi untuk membunyikan tanda bahaya bagi rakyat Cina.

sumber : Xinhua/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement