Senin 06 Jan 2014 10:25 WIB

Puluhan Paus Pilot Mati di Pantai Selandia Baru

Rep: C20/ Red: Dewi Mardiani
Paus pilot.
Foto: earthraceconservation.org
Paus pilot.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTH ISLAND -- Sebanyak 12 paus pilot yang sempat terdampar di pantai South Island, Ahad (5/1), akhirnya mati. Sementara 27 ekor lainnya akan di-euthanasia (suntik mati) Senin (6/1) ini.

Kepala Departmen Konservasi Badan Konservasi Golden Bay John Mason mengatakan paus-paus itu sudah terlihat muncul ke permukaan di selatan Farewell Spit, Golden Bay, sekitar jam makan siang, kemarin.

''Mereka berada hanya 200 meter hingga 300 meter dekat pantai di selatan Farewell Spit. Saat kami tinggalkan mereka menjelang malam, mereka masih berada di laut dengan kedalam sekitar dua tiga meter,'' tutur Mason.

Pagi ini dari 39 paus pilot yang terdampar, 12 ekornya telah tewas. Mason mengatakan departemennya telah mengirimkan dua orang yang berpengalaman untuk mengecek kemungkinan mamalia itu bisa dikembalikan ke laut.

NZHerald melaporkan, kondisi laut yang kurang baik. Pasang tertinggi pun tak cukup menjangkau pantai dan kondisi cuaca kurang mendukung membuat usaha pengembalian 27 paus pilot ke laut gagal dilakukan. ''Kami memutuskan untuk melakukan euthanasia. Mereka akan tetap di sana, tapi akan kami dorong ke batas gelombang dan kami tinggalkan di sana,'' kata Mason.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement