Selasa 07 Jan 2014 16:34 WIB

Mousavian: Kekompakan Iran-AS Bisa Selamatkan Suriah

Jasad korban serangan senjata kimia di Ghouta, Suriah, Rabu (21/8).
Foto: AP/Shaam News Network
Jasad korban serangan senjata kimia di Ghouta, Suriah, Rabu (21/8).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Kerja sama antara Iran dan Amerika Serikat dapat membantu menyelamatkan Suriah. Mantan perunding nuklir Iran dengan Barat, Hossein Mousavian, mengatakannya dalam satu wawancara dengan surat kabar harian Spanyol La Vanguardia terbitan Ahad.

"AS sebagai kekuatan utama internasional dan Iran sebagai kekuatan regional penting dapat memainkan peran penting untuk menyelesaikan semua krisis di Timur Tengah, Asia Tengah, Kaukasus, Afghanistan, Irak dan Suriah," kata Mousavian.

Dia merujuk kepada pemerintah Suriah tentang penerimaan untuk kerja sama memberantas senjata kimia bekerja sama dengan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia yang bermarkas di Den Haag sebagai contoh kerja sama antara Iran dan Amerika Serikat untuk membantu mengakhiri krisis kemanusiaan di Suriah.

Dia mengatakan Iran dan Amerika Serikat berhasil bekerja sama di Afghanistan pada 2001 dalam perang melawan Al Qaidah.

''Mereka dapat bekerja sama sekali lagi untuk menyelamatkan Suriah ketika konflik etnis Suriah menyebar ke Irak dan Lebanon dengan menewaskan ratusan orang tak berdosa,'' katanya.

Mousavian mengatakan bahwa pembicaraan langsung antara para pejabat Iran dan AS serta pemberantasan senjata kimia di Suriah adalah dua prestasi yang katanya tidak bisa dilakukan tanpa kerja sama Iran-AS.

Dia menjelaskan bahwa masih banyak yang harus dilakukan untuk meredakan ketegangan antara Teheran dan Washington.

sumber : Antara/IRNA-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement