Rabu 08 Jan 2014 10:13 WIB

Heli AS Jatuh di Inggris Empat Awak Tewas

Helikopter AS. Ilustrasi.
Foto: guncopter.com
Helikopter AS. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Empat anggota awak helikopter militer Amerika Serikat diyakini tewas ketika pesawat mereka jatuh di timur Inggris selama pelatihan operasi rutin pada Selasa, kata polisi dan seorang pejabat Pentagon.

Helikopter, yang ditugaskan untuk Fighter Wing ke-48 yang berbasis di dekat pangkalan udara AS RAF Lakenheath, jatuh pada sekitar pukul 18.00 GMT di tanah rawa di sebelah utara pantai Norfolk, daerah pedesaan sekitar 130 mil (209 km) timur laut London.

"Kami dapat mengkonfirmasi bahwa salah satu helikopter HH-60g Pave Hawk jatuh di luar Cley selama latihan terbang tingkat rendah," kata seorang juru bicara di pangkalan r USAF. Keempat awak "diduga tewas," kata pejabat Pentagon.

"Kami percaya bahwa saat ini keempat awak itumeninggal," tambah Inspektur Roger Wilson dari Kepolisian Norfolk dalam komentar kepada wartawan.

Polisi mengatakan, keluarga terdekat akan diinformasikan lebih lanjut sebelum rincian tentang korban disiarkan. Tidak ada informasi segera mengenai penyebab kecelakaan itu.

Pave Hawk dibuat oleh Sikorsky Aircraft Co, sebuah unit dariUnited Technologies Corp.

Polisi mengatakan 400 meter (seperempat mil) daerah lokasi kecelakaan itu telah dipasang garis polisi, sementara itu akanditentukan dari unit militer AS apa amunisi yang dibawa helikopter pada saat itu.

Tak seorang pun di daerah sekitar itu karena telah dinyatakan dalam bahaya, kata Wilson.

Situs Angkatan Udara AS mengatakan misi utama helikopter Pave Hawk, versi yang telah dimodifikasi dari Black Hawk Angkatan Darat, adalah "untuk melakukan operasi siang atau malam terhadap lingkungan yang bermusuhan untuk menemukan mayat para awak yang jatuh atau personil terisolasi lainnya selama perang."

Ia menambahkan setiap pesawat memiliki sistem kontrol penerbangan otomatis, kacamata visi malam dan sistem pencari inframerah" yang sangat meningkatkan operasi malam tingkat rendah", bersama dengan fitur anti-es untuk mengatasi cuaca buruk.

Lakenheath adalah juga rumah bagi pesawat tempur F-15 di Eropa, dan media lokal melaporkan bahwa pesawat F-15 telah terbang di atas lokasi kecelakaan.

Pada tahun 2001, dua pesawat single-seat F-15C milik AU AS dari Lakenheath jatuh pada misi pelatihan terbang rendah di atas Skotlandia, menewaskan kedua pilot.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement