Kamis 09 Jan 2014 08:44 WIB

Aktivis Bantuan Kemanusiaan Tewas Diserang di Suriah

Suasana kota di Suriah yang hancur akibat perang saudara yang melanda negara tersebut.
Foto: EPA/STR
Suasana kota di Suriah yang hancur akibat perang saudara yang melanda negara tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Satu kelompok bantuan kemanusiaan Ceska, Rabu, mengatakan bahwa tiga staf lokalnya tewas di Suriah selama serangan mortir.

Organisasi "People in Need" yang berbasis di Praha itu mengatakan,satu kelompok terdiri lima dari staf mereka diserang di kota utara Aleppo, Suriah, Selasa.

Tiga anggota staf tersebut tewas dalam serangan itu. Sementara, dua lainnya mengalami cedera kecil.

"Kami semua telah terguncang oleh kematian rekan-rekan dan teman-teman kami tersebut. Dengan kesedihan dan rasa sakit, kita menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga serta kerabat para korban," kata direktur kelompok itu, Simon Panek.

''Mereka yang tewas adalah bagian dari tim yang telah mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada ribuan keluarga selama lebih dari satu tahun meskipun kegiatan tersebut mengalami kesulitan", tambahnya.

Meskipun ada kematian, kelompok ini bersumpah untuk melanjutkan pengiriman bantuannya karena lebih banyak orang yang memerlukan dalam konflik yang makin mendalam itu.

Komisaris bantuan Uni Eropa, Kristalina Georgieva, mengatakan ia sangat terkejut dan sedih atas berita mengerikan itu. Perang saudara di Suriah telah menewaskan lebih dari 130.000 jiwa dan jutaan orang mengungsi sejak Maret 2011.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement