Jumat 10 Jan 2014 04:00 WIB

Badai Salju Amerika Munculkan Bongkahan Es Aneh di Danau

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Julkifli Marbun
Cuaca dingin di AS
Foto: VOA
Cuaca dingin di AS

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Badai salju sebagai dampak fenomena alam polar vortex menimbulkan sejumlah hal aneh. Misalnya memunculkan bongkahan es aneh di tepian Danau Michigan.

Dikutip dari laman International Bussines Time, fenomena alam yang ditandai dengan perubahan suhu udara di bawah nol derajat celsius ini terjadi di Amerika dan Kanada. Berdasarkan keterangan pakar meteorologi, Joe Charlevoix, bongkahan es tersebut terbentuk dari lapisan-lapisan es.

Menurut dia, bongkahan es aneh terbentuk karena temperatur air di danau Michigan berubah suhunya menjadi sedikit lebih beku. Dampaknya, hal itu akan membentuk sebagian kecil es di air.

Bongkahan es kecil ini kemudian terombang-ambing dalam gelombang danau. Selanjutnya, air danau yang dingin akan menambah lapisan demi lapisan pada es tersebut hingga menjadi bongkahan es yang lebih besar. Akhirnya, bongkahan es besar ini akan terdorong ke tepian danau karena pengaruh angin.

Tom Ulrich, Deputi Pengawas Danau, Taman Nasional Sleeping Bear Dunes membenarkan, bahwa bongkahan es tersebut memang biasa terbentuk di. danau Michigan saat musim dingin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement