Jumat 10 Jan 2014 20:33 WIB

Al Quds Terpilih Sebagai Ibukota Pers Arab

Bendera Palestina
Bendera Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN -- Kota Al Quds, Palestina, diumumkan sebagai Ibukota Pers Arab tahun 2014. Hal tersebut diumumkan dalam konferensi pers di ibukota Yordania, Aman, Rabu (8/1).

Al Quds terpilih melalui keputusan yang diambil oleh Dewan Persatuan Pers Arab. Yakni, salah satu lembaga kerja sama Arab yang berada di bawah Liga Arab.

Sekjen Dewan Persatuan Pers Arab, Haitsam Yusuf, dalam konferensi pers di Amman menjelaskan bahwa urgensi dari keputusan ini adalah menegaskan dukungannya pada kearaban Al Quds, ibukota Palestina, di saat penjajah Zionis Israel terus melaksanakan rencana yahudisasi terhadap kota suci tersebut.

Dia menyatakan bahwa keputusan ini juga bertujuan menyoroti realita pers dan media di kota Al Quds dengan segala dampak tanggung jawab yang dibebankan di pundak Dewan Persatuan Pers Arab.

''Semua pihak tahu bahwa penjajah Zionis, dengan segala perangkat dan sarana yang dimilikinya, berusaha dan terus membelenggu kebebasan kerja pers Palestina di Al Quds,'' kata Haitsam seperti dikutip Infopalestina.

''Zionis membelenggu kebebasan pers Palestina melalui serangakaian langkah-langkah dan pembatasan yang diberlakukan terhadap para wartawan Arab, lembaga-lembaga pers, dan media Palestina,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement