Senin 13 Jan 2014 19:35 WIB

Kadar Testosteron Berlebihan Berbahaya Buat Kesehatan

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Ini peringatan bagii kaum laki-laki. Hasil penelitian di Australia Barat menemukan kalau pria sebaya dengan kadar hormon testosteron tinggi kemungkinan rentan dengan masalah kesehatan. Seperti halnya juga pria yang kekurangan hormon tersebut memiliki dampak buruk yang sama.

Para peneliti dari Universitas Australia Barat melakukan pengukuran hormon testosterone terhadap hampir 4.000 pria antara umur 70 sampai 89 tahun. Mereka memonitor kesehatan pria dalam periode yang panjang dan menemukan kalau orang-orang dengan tingkat testosteron dalam kadar menengah memiliki tingkat kelangsungan hidup terbaik.

Profesor Bu Yeap, peneliti dari Universitas Aistralia Barat mengaku  temuan tersebut sangat mengejutkan. “Kalau kadar testosteron Anda rendah, anda berpeluang mendapat masalah, cenderung lebih lemah dan Anda berada pada risiko kesehatan yang buruk," katanya.

Menurutnya pria dengan kadar testosteron yang lebih tinggi tampaknya tidak memiliki manfaat kelangsungan hidup.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement