Ahad 12 Jan 2014 02:21 WIB

Rusia Tangkap Lima Anggota Kelompok Gerilyawan

Petugas keamanan memberi garis batas lokasi insiden bom bunuh diri di Stasiun Volgograd, Rusia.
Foto: AP PHOTO
Petugas keamanan memberi garis batas lokasi insiden bom bunuh diri di Stasiun Volgograd, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, =MOSKOW -- Komite Anti-terorisme Nasional Rusia (NAC) pada Sabtu (11/1) waktu setempat menangkap lima anggota kelompok gerilyawan terlarang. Kelima anggota kelompok tersebut telah ditangkap di kota Rusia bagian selatan, Nalchik, di mana bom rakitan yang dikemas dengan pecahan peluru telah dijinakkan.

Nalchik yang berada di kaki pegunungan Kaukasus berjarak sekitar 300 km (190 mil) dari kota Sochi yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin beberapa bulan ke depan.

Presiden Vladimir Putin, telah memerintahkan langkah-langkah keamanan ditingkatkan secara nasional sejak bom bunuh diri menewaskan sedikitnya 34 orang bulan lalu di Volgograd yang juga terletak di Rusia selatan.

"Pasukan keamanan telah menahan lima anggota organisasi teroris terlarang internasional," kata NAC dalam pernyataan yang diterima oleh kantor berita Rusia.

Seorang juru bicara NAC mengkonfirmasi pernyataan itu kepada Reuters. " ... Operasi anti-terorisme telah menemukan dan menyita amunisi, granat dan bahan peledak buatan sendiri yang dikemas dengan pecahan peluru siap untuk digunakan," kata pernyataan itu.

Olimpiade musim dingin akan dibuka pada 7 Februari mendatang di Sochi. Pada Kamis (9/1) lalu, pasukan keamanan terus siaga tempur di wilayah Stavropol selatan setelah penemuan setidaknya lima mayat dengan luka tembak dan bahan peledak. Kepala Komite Olimpiade Rusia mengatakan Moskow telah mengambil setiap tindakan yang mungkin untuk memastikan keamanan Olimpiade mendatang.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement