Ahad 12 Jan 2014 05:00 WIB

Wow, Separuh Anggota Kongres Amerika Serikat Jutawan

Kongres AS
Foto: VOA
Kongres AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Untuk pertama kalinya separuh jumlah anggota Kongres Amerika Serikat tercatat sebagai miliuner. Data yang dikeluarkan oleh Center for Responsive Politics (CRP), setidaknya 268 dari 534 anggota mempunyai nilai kekayaan bersih sedikitnya 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 11,8 miliar pada 2012.

Data yang dirilis CRP juga menunjukkan anggota Kongres dari Demokrat lebih kaya dibanding politikus Republik.

Anggota Kongres paling kaya adalah politikus Republik Darrell Issa. Politikus asal California ini dilaporkan mempunyai kekayaan bersih 598 juta dolar AS. Sumber penghasilan terbesar Issa dikatakan berasal dari perusahaannya yang menjual sistem antipencurian mobil.

Direktur CRP Sheila Krumholz mengatakan masyarakat masih cenderung memilih wakil rakyat yang kaya raya untuk mewakili mereka di Washington. Selain itu, lanjutnya, kampanye pemilihan memerlukan dana besar.

Adapun anggota Kongres paling miskin adalah politikus Republik asal California, David Valadao.Valadao menanggung utang sebesar 12 juta dolar AS, sebagian besar utang dari ladang peternakan milik keluarganya.

Analisis data kekayaan ini dikeluarkan ketika para wakil rakyat Amerika Serikat membahas upah minimum dan tunjangan pengangguran.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement