Rabu 15 Jan 2014 18:41 WIB

PBB Butuh 2,27 Miliar Dolar AS untuk Bantu Suriah

Rep: Satya Festiani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Anak-anak Suriah (ilustrasi)
Foto: huffingtonpost.co.uk
Anak-anak Suriah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUWAIT – Perserikatan Bangsa-Banga (PBB) membutuhkan sedikitnya 2,27 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada tahun ini untuk membantu rakyat Suriah mendapatkan kebutuhan hidup.  Sebanyak 9,3 juta rakyat dan pengungsi Suriah membutuhkan bantuan kemanusiaan. Mereka kekurangan bahan pangan, edukasi, air bersih dan pakaian hangat.

Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan, Valerie Amos, mengatakan untuk tahun ini PBB memiliki beberapa prioritas untuk enam bulan ke depan. Prioritas yang pertama adalah menyediakan pasokan pangan dan alat bantu pertanian.

Kedua adalah memberikan bantuan kesehatan, termasuk obat-obatan dan peralatan untuk mengatasi trauma. Hal ketiga adalah vaksin. Keempat adalah membantu pengungsi internal Suriah dengan makanan, air bersih, dan tempat penampungan. Terakhir adalah memperbaiki infrastruktur yang rusak.

“Rencana tersebut memakan biaya yang tak sedikit. Kami membutuhkan 1,4 miliar dolar AS untuk enam bulan ke depan. Untuk satu tahun, kami butuh 2,27 miliar dolar AS,” ujar Amos dalam pernyataannya pada Konferensi Internasional Donor untuk Suriah di Istana Bayan, Kuwait, Rabu (15/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement