Sabtu 18 Jan 2014 03:34 WIB

1.004 Ekor Badak Dibunuh di Afrika Selatan Sepanjang 2013

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Djibril Muhammad
Badak Bercula Satu
Foto: thehelper.net
Badak Bercula Satu

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE TOWN -- Sebuah fakta mencengangkan terpapar di Afrika Selatan. Laporan Departemen Urusan Lingkungan seperti dilansir Reuters, Sabtu (18/1), menyebutkan terjadi lonjakan badak yang diburu dan dibunuh secara ilegal. 

Departemen melaporkan 1.004 ekor badak dibunuh sepanjang 2013. Angka itu meningkat dibandingkan 2012 dan 2011 yang masing-masing mencatatkan kematian badak sebanyak 668 ekor dan 448 ekor. 

Sebagian besar serangan terjadi di Taman Nasional Kruger yakni 606 ekor. Sebagai gambaran, populasi badak di Afrika Selatan diperkirakan 20 ribu ekor. 

Lonjakan perburuan tak lepas dari tingginya permintaan tanduk badak oleh konsumen di Benua Asia. Tanduk-tanduk itu diselundupkan keluar dari Afrika Selatan ke Asia, khususnya Vietnam dan Cina. 

Di kedua negara itu, tanduk digunakan sebagai simbol atau status dan sebagai pengobatan tradisional. World Wildlife Fund (WWF) telah mengeluarkan pernyataan yang isinya mengecam praktek tersebut. 

Melalui manajer program badak untuk Afrika Selatan, Jo Shaw, WWF mengimbau agar penangkapan terhadap pelaku dan otak di balik praktek ini dilakukan. Tujuannya untuk mencegah matinya rantai kehidupan hewan bercula itu di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement