Ahad 19 Jan 2014 19:23 WIB

Hati-Hati Meninggalkan Bayi di Dalam Mobil, Sanksinya Berat

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, VICTORIA -- Pemerintah Negara Bagian Victoria sedang mempertimbangkan untuk memperberat sanksi hukum bagi orang tua yang meninggalkan Balita  tanpa pendamping di dalam mobil. Usulan ini diterbitkan untuk merespon serentetan insiden yang terjadi selama gelombang panas melanda negara bagian tersebut.

Layanan ambulan di Victoria merespon puluhan insiden balita yang ditinggalkan di dalam mobil oleh orang tuanya selama berlangsungnya gelombang cuaca panas yang mencapai 40 derajat di kawasan Victoria.

Salah satu insiden di antaranya adalah yang terjadi pekan lalu, dimana bayi berusia 6 bulan diselamatkan dari mobil yang panas di Stawell.

Menteri Layanan Masyarakat Victoria, Mary Wooldridge mengatakan ia sangat  terkejut dengan laporan itu dan tidak ingin kejadian serupa terulang.

"Sangat bahaya dan tidak bertanggung jawab sekali orang tua yang meninggalkan anak-anaknya di dalam mobil yang panas tanpa ditemani pendamping,” katanya.

"Meninggalkan anak-anak di dalam mobil yang terjemur cuaca panas bisa memicu dampak fatal yang tragis. Karenanya kami tengah mempertimbangkan aturan hukum untuk mencegah kasus seperti ini terjadi lagi.” katanya.

Di Victoria meninggalkan anak tanpa didampingi orang dewasa di dalam mobil masuk dalam tindakan pelanggaran hukum. Sanksi hukumnya bervariasi antara denda $2,165  atau tiga bulan penjara.

Sepanjang 12 bulan terakhir hingga Agustus 2013 lalu ada sekitar 1.100 insiden anak yang ditinggalkan orang tuanya di dalam mobil di seluruh Victoria.

Menteri Urusan Anak Victoria, Wendy Lovell mengatakan sejumlah orang tua tidak menyadari kalau meninggalkan anak di dalam mobil tanpa didampingi itu adalah tindakan yang ilegal.

"Orang perlu mengingat kalau tindakan ini tidak cuma ilegal di Victoria tapi juga bisa berakibat fatal bagi sang anak,” katanya.

Lovell mengatakan temperature di dalam mobil yang diparkir selama musim panas seperti sekarang ini bisa mencapai 30 derajat lebih panas dibanding suhu udara di luar.

"Saya pernah menyaksikan temperatur di  dalam mobil bisa beranjak dari 35 derajat menjadi 65 derajat hanya dalam kurun waktu 4,5 menit,” katanya.

"Orang tua perlu ingat kalau anak mereka masih kecil dan mereka sangat mudah mengalami dehidrasi, “ katanya.

"Sistem syaraf pada anak-anak bayi masih dalam masa pertumbuhan karena itu mereka sangat beresiko terkena serangan panas, dehidrasi dan resiko kesehatan lainnya dibandingkan anak-anak yang lebih besar maupun orang dewasa,” katanya.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement