Sabtu 25 Jan 2014 18:00 WIB

Kofi Annan Desak AS Terima Iran

Kofi Annan
Foto: AFP
Kofi Annan

REPUBLIKA.CO.ID, DAVOS -- Mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Kofi Annan, Jumat mengatakan bahwa Iran memiliki peran penting dalam menjamin stabilitas di Timur Tengah. Annan mendesak anggota parlemen Amerika Serikat untuk memberikan kesempatan pengenduran diplomatik dengan Teheran.

Penerus Annan sebagai Sekjen PBB, Ban Ki-moon, pekan ini mengeluarkan dan kemudian menarik kembali undangan kepada Iran untuk bergabung dengan pembicaraan perdamaian internasional tentang Suriah di Swiss.

Iran menjadi sekutu utama Presiden Suriah, Bashar al-Assad, dalam perang sipil terutama melawan sejumlah kelompok pemberontak. Iran terkunci dalam pertempuran yang lebih luas pengaruhnya dengan Arab Saudi.

"Jika kita akan memiliki perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah, maka penting bahwa Iran memainkan peran alami di wilayah," kata Annan, yang menjabat sebagai utusan PBB/Liga Arab untuk Suriah

selama lima bulan pada 2012, kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

Negara-negara Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat menjadi sponsor bersama dalam pembicaraan damai berkeras bahwa Iran hanya bisa duduk di meja jika menerima rencana transisi kekuasaan di Suriah disepakati pada 2012. Sesuatu yang telah ditolak untuk dilakukan oleh Iran.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement