Ahad 26 Jan 2014 01:00 WIB

Kawanan Paus 'Bunuh Diri' Massal di Pantai Florida?

Paus mati
Paus mati

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI -- Kawanan paus pilot ditemukan mati di pantai barat daya Florida, Amerika Serikat, beberapa hari terakhir ini. Kawanan paus tersebut diduga melakukan 'bunuh diri' massal lantaran melihat salah satu dari mereka mati.

''Para ahli biologi berpendapat bahwa paus adalah kawanan yang mempunyai hubungan sosial erat sehingga berpengaruh pada kematian bersama,'' tulis laporan Antara mengutip Reuters.

Paus pilot adalah mahluk sosial yang menghuni perairan dalam. Mereka biasa hidup bergerombol antara 20 hingga 90 ekor dan tidak akan meninggalkan anggotanya yang mati.

Pertalian mereka sangat erat hingga bangkai paus harus segera disingkirkan dari pantai sebelum paus-paus lain berenang ke perairan dangkal untuk melakukan 'bunuh diri'.

Sementara, para ahli biologi pada Jumat memeriksa bangkai 25 paus pilot yang ditemukan terdampar di pantai baratdaya Florida. Mereka mengumpulkan contoh dari tubuh mamalia laut itu untuk mencari tahu penyebab kematian yang belakangan ini memuncak.

Kim Amendola, juru bicara pada Taman Kelautan dan Administrasi Atmosfir Nasional (NOAA), mengatakan kawanan paus itu biasanya terlihat berenang di perairan dangkal di kota Napoli pada Minggu. ''Sehingga, tim petugas mengkhawatirkan membludaknya paus yang terdampar,'' katanya.

Awal pekan ini, delapan paus juga ditemukan mati ketika kawanan hewan itu berenang memasuki perairan dangkal di dekat benyeng Myers, Florida.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement