Rabu 29 Jan 2014 15:48 WIB

Obama Janji Tentara AS di Afghanistan Hingga Akhir 2014

Rep: Alicia Saqina/ Red: Dewi Mardiani
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama
Foto: AP/Charles Dharapak
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, menyatakan kemungkinan sejumlah kekuatan pasukannya dalam skala kecil masih akan tetap berada di Afghanistan, tahun depan.

Meski demikian, namun akhir tahun 2014 orang nomor satu di AS itu berjanji, bakal mendeklarasikan pengakhiran perang yang sudah terjadi di Afghanistan selama 12 tahun tersebut.

 

Obama menyatakan hal tersebut saat menyampaikan pidato kenegaraannya, Selasa (28/1). Seperti yang dilansir kantor berita AP, Rabu (29/1), dalam pidatonya, kepala negara AS itu mengatakan bahwa setelah pengujung tahun ini, Afghanistan bisa menentukan masa depan mereka sendiri.

Obama memandang, Afghanistan tentu sudah mampu bertanggung jawab atas negara mereka. Ia menegaskan, setiap tentara AS yang akan tetap berada di sana hingga akhir 2014 itu memiliki tugas.

Obama menjelaskan, pasukannya yang berada di sana hanya akan membantu pelatihan kepada tentara Afghanistan. Selain itu, sejumlah pasukan AS yang bertahan di Afghanistan ini dipersiapkan untuk melaksanakan operasi kontraterorisme melawan kelompok Alqaidah dan gerakan ekstremis lainnya.

 

Namun, atas hal tersebut Obama tak menyebutkan berapa jumlah rinci kekuatan pasukannya yang masih ditempatkan di Afghanistan.

 

Sementara itu, Presiden Afghanistan, Hamid Karzai, pun angkat bicara. Karzai mengatakan, sejauh ini pihaknya menolak untuk menandatangani perjanjian keamanan dengan AS, yang dinyatakan hingga akhir tahun 2014 tersebut mereka tetap berada di negaranya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement