Jumat 31 Jan 2014 01:26 WIB

Bagi Warga Cina, Petasan Tahun Baru Halau Kekuatan Jahat

Pertunjukan tarian naga dalam perayaan Tahun Baru Cina di Beijing dihujani petasan dan kembang api.
Foto: AP PHOTO
Pertunjukan tarian naga dalam perayaan Tahun Baru Cina di Beijing dihujani petasan dan kembang api.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Gelegar suara petasan sejak Kamis (30/1) petang hingga detik-detik datangnya Tahun Baru Cina 2565, membahana di seluruh pelosok Negeri China, sekaligus dipercaya untuk menghalau kekuatan jahat agar tahun yang baru lebih baik.

"Suara petasan yang menggelegar dari segala penjuru kota Beijing dan Cina umumnya, dipercayai untuk menghalau kekuatan jahat,," kata Wang Li, seorang sepuh di Distrik Chaoyang, Beijing, Jumat (31/1).

Bagi warga asing yang baru kali pertama menginjakkan kaki di Beijing, atau beberapa kota lain di Chna, menjelang dan selama satu pekan perayaan Tahun Baru Cina, gelegar petasan dan kembang api akan membahana di seluruh penjuru kota.

Beragam ukuran petasan mulai dari hanya sebatang pensil hingga sebesar kaleng biskuit "Kong Guan", cukup membuat polusi suara yang sangat mengganggu bagi yang baru pertama kali mengalami detik-detik pergantian tahun menurut penanggalan kalender Ch

ina, bahkan bagi yang telah agak lama tinggal di Beijing.

"Seperti di kota-kota di Timur Tengah kalau ada bom mobil berulang-ulang, atau dihujani rudal dari pihak lain," seloroh beberapa diplomat di Cina.

"Sungguh menggelegar suaranya, sampai sirene pengaman mobil pun berbunyi karena getaran yang dihasilkan. Sungguh kuat bunyi dan getaran yang ditimbulkan," kata diplomat yang enggan disebut identitasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement