Sabtu 01 Feb 2014 13:33 WIB

Italia dan Prancis Darurat Banjir

Rep: Ira Sasmita/ Red: Djibril Muhammad
Ombak menerjang mercusuar di Pantai Inggris saat badai Atlantik menghantam Prancis
Foto: REUTERS
Ombak menerjang mercusuar di Pantai Inggris saat badai Atlantik menghantam Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca buruk kembali berpotensi mengacaukan beberapa wilayah di Eropa. Hujan deras sejak Jumat (31/1) kemarin membuat sejumlah daerah di Italia dan Perancis terancam banjir.

Seperti diberitakan BBC, ratusan warga di Pisa, Italia terpaksa mengungsi. Lantaran rumah mereka yang terletak di sepanjang sungai Arno terendam banjir. Luapan air diperkirakan akan meluas dan menyebabkan banjir di sepanjang pantai Atlantik Perancis.

Tidak hanya banjir, cuaca ekstrem juga menyebabkan badai salju dan angin besar. Salju tebal membuat puluhan orang terdampar di Serbia.

Pejabat setempat telah menyatakan status darurat atas keadaan tersebut. Tim penyelamat diturunkan untuk membantu wisatawan yang terjebak di kendaraan mereka. Badai salju dan angin yang kuat disebutkan juga telah menyapu seluruh Eropa Timur.

Media di Italia melansir hujan deras dengan ketinggian hingga 95 kaki menyebabkan bentangan dinding  di kota Volterra, di Provinsi Pisa roboh.

Sama halnya dengan Italia, pemerintah Prancis telah menyatakan status waspada di bagian bagian barat negara tersebut.

Seiring dengan ramalan cuaca yang memperkirakan akan terjadi gelombang dan badai besar dengan potensi banjir. memperingatkan gelombang besar dan luas banjir. Sepuluh daerah bagian lainnya juga menyatakan waspada dan mengantisipasi kenaikan debit air.

Setidaknya, hingga saat ini dilaporkan dua orang tewas dan ratusan warga harus diungsikan setelah banjir besar melanda tenggara Perancis awal bulan ini. Cuaca buruk dan badai berat telah melanda dan mengacaukan Eropa sejak Januari lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement