Ahad 02 Feb 2014 16:31 WIB

Oposisi Ukraina Minta Dukungan Pemimpin Dunia

Rep: Gita Amanda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Aksi demonstrasi di Ukraina, para pengunjuk rasa berhadapan dengan barikade polisi setempat.
Foto: Reuters
Aksi demonstrasi di Ukraina, para pengunjuk rasa berhadapan dengan barikade polisi setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV-- Pihak oposisi Ukraina meminta dukungan kekuatan dunia pada Sabtu (1/2),untuk mengakhiri kekerasan di negara itu. Sinyal tersebut tergambar kala Amerika Serikat dan Eropa mengadakan pertemuan pribadi dengan oposisi Ukraina di sela-sela konferensi keamanan di Munich, Jerman.

Dalam pertemuan itu , pemimpin oposisi Ukraina yang juga merupakan mantan petinju dunia Vitaly Klitschko merasa adanya dukungan besar dari 'teman-teman' Ukraina. Sebab menurutnya setiap orang takut, ketidakstabilan di Ukraina berdampak pada ketidakstabilan ke seluruh wilayah Eropa, mengingat Ukraina merupakan salah satu negara terbesar di Eropa.

Ia menyerukan langkah-langkah mendesak untuk segera mengakhiri kekerasan. Klitschko juga mengatakan, semuanya kini tergantung pada sikap Presiden Ukraina Viktor Yanukovich.

Pemimpin oposisi lainnya Oleh Tyahnybok mengatakan pada Aljazirah, mereka menerima sinyal baik dari Eropa dan AS. Namun ia mengatakan, dukungan baru sebatas deklarasi dukungan dan itu belum cukup."Hari ini kami berpikir, mereka harus memberi kami jaminan dukungan keuangan dan ekonomi setelah kemenangan. Kami meminta para pemimpin dunia aktif mendukung Ukraina," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement