Senin 03 Feb 2014 11:54 WIB

Festival Musik Ramaikan Kota-kota Kecil Australia

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Selain festival musik seperti Big Day Out. yang diadakan di kota-kota besar di Australia, ada juga festival yang khusus diadakan di kota-kota kecil, seperti Groovin The Moo.

Promotor Stephen Halpin bercerita bahwa konsep Groovin The Moo sebagai festival yang berkonsentrasi pada daerah-daerah pinggiran dibuat 10 tahun lalu olehnya dan seorang rekan bisnis.

Sejak saat itu, festival ini makin populer. Tahun ini, Groovin The Moo akan diadakan di sejumlah daerah, seperti Bendigo (Victoria), Canberra, Maitland (New South Wales), dan Bunbury, Australia Barat.

Salah satu penampil di Bunbury tahun ini adalah duo musik elektronik asal Australia, The Presets.

Tahun 2013 lalu, sekitar 15.000 orang menghadiri Groovin The Moo di Bunbury.

Menurut panitia, tahun ini yang akan tampil adalah artis Australia dan juga internasional, seperti Dizzee Rascal, Disclosure dan Vance Joy.

Festival tersebut membantu menjangkau anak-anak muda di daerah, dan juga membawa wisatawan ke kota-kota kecil tempat acara diadakan, ucap Halpin.

Bisnis lokal, seperti kafe dan hotel, juga akan diuntungkan, lanjutnya.

"15 ribu orang datang ke kota sekecil Bunbury itu cukup berat, jadi harus ada manfaatnya. Kalau tidak, tak sebanding dengan kerepotan mereka," ucap Halpin.

Wali Kota Bunbury, Gary Brennan, menyatakan bahwa festival itu membantu menaikkan nama Bunbury.

"Tahun lalu, pemerintah kota menyediakan layanan seharga 11 ribu dollar antara lain dalam bentuk seperti tempat sampah, dan membantu bersih-bersih seusai acara," ucapnya, "Kami harap bisa berkontribusi di tahun 2014."

Julian Hamilton dari The Presets mengaku, meskipun sudah sering bermain di festival dunia, Ia tetap senang bermain di daerah pinggiran Australia.

Tahun 2014 ini, Groovin The Moo akan diadakan di Bunbury tanggal 10 Mei.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement