Senin 03 Feb 2014 23:19 WIB

Qahera, Superhero Perempuan Berjilbab dari Mesir

Rep: Ani Nursalikhah/ Red: Nidia Zuraya
Komik Qahera
Foto: qahera.tumblr.com
Komik Qahera

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Satu lagi pahlawan super muslimah diperkenalkan pada dunia. Kali ini berasal dari Mesir. Namanya Qahera. Qahera berasal dari bahasa Arab yang artinya 'Kairo'.

"Dia mempunyai misi memerangi kebencian terhadap perempuan dan Islamophobia. Nama Kairo memiliki arti yang kuat, seperti pemenang atau penakluk. Cocok buat superhero," ujar pencipta komik ini Deena Mohamed, seperti dilansir Al Arabiya, Ahad (2/2).

Deena menambahkan, peran Qahera memerangi pelecehan seksual di Mesir merupakan hal yang alami. Baginya, secara pribadi persoalan tersebut membuatnya frustrasi dan perlu diatasi.

Dia sengaja menggambarkan Qahera sebagai muslimah berjilbab karena tugasnya memerangi Islamophobia. Selain itu, hanya ada sedikit representasi perempuan berjilbab yang manusiawi.

Komik berbahasa Arab dan Inggris ini mengolok-olok sebuah lagu yang menggambarkan superioritas pria atas perempuan. Qahera juga mengemban tugas memerangi stereotip gender.

Deena yang merupakan seorang mahasiswi desain grafis berusia 19 tahun mengatakan ia mengerjakan semua sendiri, mulai dari konsep awal, perencanaan, penulisan, gambar hingga mempostingnya di internet.

"Qahera merupakan medium fiksi untuk membangun kesadaran mengenai pelecehan seksual dan gender di Mesir. Saya senang melihat Qahera ada di jalanan, tapi perempuan Mesir tidak butuh pahlawan super," katanya.

Perempuan Mesir membutuhkan Undang-Undang, regulasi, kesadaran budaya dan perubahan perilaku sosial untuk mencegah pelecehan. Deena memandang Qahera sebagai representasi perempuan Mesir karena mereka telah meraih banyak hal meski dalam keterbatasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement