Selasa 04 Feb 2014 09:23 WIB

Dituduh Anti-Semit, Komedian Prancis Dilarang Masuk Inggris

Rep: Amri Amrullah/ Red: Karta Raharja Ucu
Dieudonne M'bala dan Nicolas Anelka
Foto: IST
Dieudonne M'bala dan Nicolas Anelka

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Komedian Prancis, Dieudonne M'bala M'bala (47) dilarang memasuki Inggris, setelah ia dilaporkan mendukung gerakan selebrasi 'Quelle' yang dilakukan penyerang West Bromwich Albion, West Bromwich Albion, Nicolas Anelka.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) sebelumnya menegur Anelka ketika melakukan selebrasi gol dengan melakukan gerakan 'Quelle'. Gerakan itu sangat sentitif di Eropa, lantaran dianggap seperti sikap hormat pasukan Nazi Jerman.

Sikap ini dinilai para kritikus pendukung anti-Semit, sebagai gerakan dukungan lahirnya anti-Semit di Benua Biru. Namun Anelka membantah tuduhan tersebut.

Niat utama Dieudonne mengunjungi Inggris memang mendukung Anelka. Namun, kantor urusan dalam negeri Inggris telah memberlakukan perintah pelarangan pada Dieudonne, dengan alasan keamanan publik.

"Kami dapat mengkonfirmasi Mr Dieudonne tunduk pada perintah pengecualian," ujar juru bicara pemerintah Inggris, Senin (3/2) yang dilansir dari Aljazeera.

Media Inggris melaporkan, pekan lalu Dieudonne berencana melakukan pertunjukan di Inggris dan mengadakan konferensi pers untuk mendukung kompatriotnya Anelka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement