Rabu 05 Feb 2014 09:22 WIB

Di Jepang, Cuma Osaka yang Punya Jaringan Wifi Gratis

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: A.Syalaby Ichsan
Free Wifi
Free Wifi

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Walau Jepang terlihat sebagai negera yang sangat efisien dalam teknologi, jaringan internet tanpa kabel (wi-fi) gratis, belum tersedia. Dewan Pariwisata Jepang menyampaikan sudah banyak wisatawan mancanegara yang mengeluhkan ini.

Osaka pun mulai mengetasi keluhan itu. Kota di pulau Honshu itu menjadi kota pertama di Jepang yang menyediakan jaringan wi-fi. Otoritas Osaka baru saja meluncurkan program 'Osaka Free Wi-fi' yang disediakan di semua tempat di seluruh Kota Osaka.

Tokyo Times, Rabu (5/2), melansir, agar bisa masuk ke jaringan, pengguna harus memiliki alamat surat elektronik (e-mail) untuk mendapatkan layanan internet gratis selama 30 menit. Pengguna selanjutnya bisa masuk kembali ke jaringan kapanpun dan selama apapun mereka mau. Layanan ini berlaku untuk pengguna perangkat Apple, Android dan Windows.

Beberapa lokasi hanya menawarkan layanan versi 'ringan' dengan memberi layanan wi-fi gratis selama 15 menit hingga satu jam per hari.

Jaringan kereta Nankai, Kintetsu, dan Keihan, pertunjukan wisata, beberapa hotel, toko, dan restoran juga ikut dalam program ini. Jika program berjalan baik, jumlah tempat yang dilengkapi wi-fi akan bertambah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement