Kamis 06 Feb 2014 17:40 WIB

Pemukim Yahudi Tebangi Ratusan Pohon Zaitun Berusia Ratusan Tahun

Warga Palestina berupaya memadamkan api yang membakar ladang zaitunnya akibat ulah warga pemukiman Israel..
Foto: EPA/Alaa Badarneh
Warga Palestina berupaya memadamkan api yang membakar ladang zaitunnya akibat ulah warga pemukiman Israel..

REPUBLIKA.CO.ID, NABLUS -- Para pemukim pendatang Zionis Yahudi, Rabu (5/2) waktu setempat, menebangi sekitar 250 pohon zaitun berumur tahunan di dusun Yatun yang terletak di utara desa Aqraba, Nablus, Tepi Barat.

Aktivis anti permukiman Yahudi di daerah selatan Nablus, Hamzah Deriyah, mengatakan pihaknya menerima informasi tersebut pada Rabu siang dari para penggembala kambing di daerah tersebut.

''Mereka menyampaikan kepada kami bahwa di sana ada puluhan pohon yang sudah ditebangi, di daerah dusun Yatun di utara Aqraba,'' kata Deriyah seperti dikutip situs Pusat Informasi Palestina.

“Ketika kami tiba di lokasi, para pemukim Yahudi dari permukiman Itamar menebangi sekitar 250 pohon zaitun yang sudah berumur tahunan dan rata-rata umurnya lebih dari 150 tahun,'' katanya.

''Mereka menebangi pohon zaitun tersebut dengan gergaji tangan,'' kata Deriyah. ''Pohon-pohon tersebut milik keluarga al Masri di Nablus dan sejumlah keluarga di desa Aqrab.''

Patut disebutkan bahwa dusun Yatun terletak antara desa Awarta dan Aqraba. Dusun ini selalu mengalami serangan dari para pemukim pendatang Zionis.

Begitu juga kendaraan-kendaraan yang lewat dari jalan Yatun Nablus, mengalami pelemparan batu dari para pemukim Zionis di permukiman Itamar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement