Jumat 07 Feb 2014 06:17 WIB

Merkel Dukung Juncker Pimpin Parlemen Eropa

Rep: Alicia Saqina/ Red: Julkifli Marbun
Kanselir Jerman Angela Merkel
Kanselir Jerman Angela Merkel

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kanselir Jerman Angela Merkel pada Kamis (6/2), mendukung terpilihnya Perdana Menteri Luksemburg Jean-Claude Juncker, sebagai kandidat konservatif terkemuka dalam pemilihan Parlemen Eropa yang akan dilangsungkan Mei mendatang. Sejumlah kalangan menilai, dukungan Merkel untuk Juncker itu mampu menjadi batu loncatan bagi sang mantan PM untuk menduduki kepala Komisi Eropa.

 

Hal tersebut merupakan dukungan publik pertama Merkel terhadap mantan perdana menteri dan mantan petinggi menteri keuangan Zona Euro itu. Bahkan, dukungan publik yang diberikan Merkel kepada Juncker tersebut tampaknya akan meredupkan prospek satu calon kandidat lainnya, yakni Komisaris Eropa Perancis Michel Barnier.

 

Sebagai pemimpin ekonomi terbesar Eropa dan partai konservatif yang paling kuat, Merkel memang memiliki pengaruh yang kuat di partai tengah-kanan rakyat Eropa. ‘’Bukan rahasia lagi, bahwa saya memiliki banyak simpati untuk Jean-Claude Juncker,’’ kata dia, seperti dikutip Reuters, Kamis (6/2). Saat itu Merkel tengah menghadiri konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Luksemburg yang baru, Xavier Bettel. Pada pemilihan umum Luksemburg Oktober lalu, Bettel berhasil mengungguli Juncker.

 

Saat Merkel berhenti sejenak mendukung Juncker yang secara eksplisit untuk menjadi kepala eksekutif Uni Eropa, sang kanselir itu menyatakan, memang ada sebuah tugas mendesak untuk menemukan sosok yang benar-benar tepat memimpin konservatif Eropa dalam sebuah pemilihan, yang nantinya bergerak hingga ke presiden komisi itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement