Ahad 09 Feb 2014 05:21 WIB

Satu Orang Tewas dalam Kompetisi Sauna Dunia

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya
tempat sauna/ilustrasi
Foto: nelispalux.com
tempat sauna/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, FINLANDIA -- Kompetisi Sauna Dunia yang digelar di Finlandia berujung petaka, Sabtu (8/2). Kompetisi tahunan ini telah menewaskan satu peserta.

Rusia Vladimir Ladyzhensky dan saingannya dari Finlandia, Timo Kaukonen, roboh setelah menderita luka bakar yang parah. Ladyzhensky kemudian meninggal di rumah sakit.

Lomba ini mengharuskan peserta untuk melakukan sauna di suhu 110 derajat Celcius selama mungkin. Para peserta berhasil melakukan hal itu selama enam menit sebelum juri melihat sesuatu yang aneh.

"Semua aturan diikuti dan kami juga sudah menyediakan petugas untuk pertolongan pertama. Semua peserta kompetisi juga telah memiliki sertifikat dokter," kata Ossi Arvela, ketua panitia acara.

"Sauna dengan suhu 110 derajat terdengar sangat ekstrem. Tapi banyak peserta yang sebelumnya pernah duduk di suhu lebih tinggi dari itu," tambah dia.

Arvela mengatakan, sang juara dunia bertahan, Kaukonen menolak meninggalkan sauna selama babak final meski ia terlihat sakit. Ia akhirnya roboh dan dilarikan ke rumah sakit. Kaukonen berhasil diselamatkan, namun Ladyzhensky tak tertolong.

Kompetisi Sauna Dunia ini memiliki lebih dari 130 peserta dari 15 negara. Lomba tersebut telah digelar sejak 1999.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement