Ahad 09 Feb 2014 12:46 WIB

Kapal Perang Iran Segera Dekati Perbatasan AS, Ada Apa?

Rep: Gita Amanda/ Red: Endah Hapsari
Kapal Perang Iran
Foto: alarabiya
Kapal Perang Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk pertama kalinya kapal perang Iran di Samudera Atlantik berlayar mendekati perbatasan maritim Amerika Serikat. Pelayaran sebagai tanggapan atas kapal-kapal perang AS yang berada di Teluk seperti dilansir BBC.

Media berita di Iran,  mengutip komandan senior angkatan laut Iran Laksamana Adm Afshin Rezayee Haddad yang mengatakan, kapal perang Iran berlayar sebagai tanggapan atas kapal AS di Teluk. Armada kapal perang Iran terdiri dari kapal perusak dan kapal yang membawa pasokan helikopter.

Perjalanan kapal tersebut dimulai pada bulan lalu, dan telah memasuki wilayah perairan Afrika Selatan di Samudera Atlantik. Kapal-kapak tersebut dilaporkan membawa 30 taruna akademi angkatan laut, untuk melakukan latihan bersama kru reguler.

Wartawan IRNA melaporkan, pelayaran tersebut muncul di tengah upaya berkelanjutan oleh Iran untuk memproyeksikan kekuatannya di Timur Tengah dan sekitarnya.Sementara kantor berita Fars mengatakan, langkah tersebut sebagai tanggapan terhadap kehadiran angkatan laut AS yang meningkat di Teluk.   "Armada militer Iran mendekati perbatasan maritim AS, langkah ini memiliki pesan," ujar Adm Rezayee Haddad.

Sementara itu, pejabat pertahanan AS seperti dikutip Reuters, meragukan klaim Iran bahwa kapal perang mereka mendekati perbatasan maritim AS. Namun, pejabat itu menambahkan, setiap kapal bebas beroperasi di perairan internasional.AS dan sekutu-sekutunya secara rutin mengadakan latihan angkatan laut di Teluk. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement