Ahad 09 Feb 2014 18:10 WIB

Cina Sebut AS Provokator

Rep: Gita Amanda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Cina (ilustrasi)
Foto: topnews.in
Cina (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina telah menyebut Amerika Serikat sebagai provokator yang dapat merusak perdamaian dan pembangunan di wilayah Asia Pasifik. Hal ini diutarakan Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Hong Lei dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Sabtu (8/2) malam, setelah AS menyatakan kekhawatirannya atas klaim Cina atas wilayah Laut Cina Selatan.

Lei menegaskan posisi Cina atas klaim tersebut didasarkan pada sejarah dan hukum internasional. Ia pun mendesak AS untuk bersikap rasional dan adil. AS, menurtunya, seharusnya bisa berperan konstruktif dalam perdamaian dan pembangunan di kawasan tersebut. "Tindakan ini tidak konstruktif," ujar Lei.

Sebelumnya, Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk urusan Asia Timur dan Pasifik Danny Russel mengatakan, kesaksian kongres pada Rabu (5/2) menyatakan 'keprihatinan' AS atas klaim maritim Cina.

AS menilai klaim tersebut sebagai upaya untuk mendapatkan kendali lautan di kawasan tersebut."Klaim Cina telah menciptakan ketidakpastian, ketidakamanan, dan ketidakstabilan," kata Russel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement