Senin 10 Feb 2014 12:54 WIB

Australia Tambah Bantuan untuk Korban Topan Ian di Tonga

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA --  Pemerintah Australia kembali mengirimkan bantuan tambahan bagi  korban topan tropis Ian di Tonga. Satu warga dilaporkan tewas dan ribuan lainnya diungsikan dari rumah-rumah mereka ketika badai tropis kategori 5 melanda bagian utara Kepulauan Ha’apai, Tonga pada 12 Januari 2014 lalu.

Pemerintah Australia telah memberikan bantuan awal senilai  AUD$50.000 atau senilai Rp 500 juta untuk mendukung upaya penanganan korban bencana.

Pada hari Sabtu (8/2) lalu, Australia kembali mengirimkan 200 tenda keluarga dan 250 peralatan kebersihan untuk membantu keluarga yang mengungsi akibat bencana. 

 

Ahli teknis dari Korps Sipil Australia juga telah dikirim ke Tonga untuk membantu upaya pemulihan.

Bantuan tambahan ini dikirimkan sepekan setelah pejabat resmi yang menangani bencana topan tropis Ian menyerukan tambahan bantuan internasional.

"Australia akan terus bekerjasama dengan pemerintah Tonga dan mitra penolong lainnya untuk membantu para korban yang rumah dan mata pencahariannya hancur oleh Topan Ian,” kata Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop.

Dalam pernyataannya yang diterbitkan Ahad (9/2), Bishop mengatakan pemerintah Australia juga akan bekerjasama dengan Bank Dunia untuk memprioritaskan kembali pendanaan untuk program rehabilitasi infrastruktur yang rusak termasuk menara bandara udara di Tonga.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement