Selasa 11 Feb 2014 12:07 WIB

8 Kreativitas Fashion dari Seoul

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Industri fesyen semakin booming di kawasan Asia, tapi tampaknya belum ada yang kota-kota lain yang bisa mengalahkan Seoul soal tren terkini.

Ada dua faktor mengapa industri fesyen di Korea Selatan termasuk yang diperhitungkan di dunia. Pertama adalah budaya pop Korea, yang dikenal dengan istilah K-pop. Faktor lainnya adalah akses internet yang super cepat dan hampir semua warga bisa mengakses internet.

Margaret Zhang dari acara Fashion Asia di saluran Australia Network mencoba menjelajahi kota Seoul, yang menjadi ibu kota Korea Selatan untuk bertemu dengan delapan orang yang dianggap berpengaruh dalam perkembangan fashion di Seoul.

1. Steve J dan Yoni P
Steve J and Yoni P
Source: Australia Network
Steve J and Yoni P bertemu pertama kali 16 tahun lalu. Mereka pun lantas bersahabat dan berkolaborasi untuk menjalankan bisnis fashion bersama. Kini papan-papan iklan yang menampilkan keduanya hampir bisa ditemukan di penjuru kota.

Steve J and Yoni P
Source: Australia Network
Dengan menggabungkan gaya pakaian jalanan, keduanya terhitung masih baru dalam industri fashion global. Karenanya Steve dan Yoni tidak terlalu mau ambisius.

“Belum terlalu besar, tapi nanti kedepannya pasti menjadi sesuatu,” ujar Yoni P.

2. Seonju Kam
Seonju Kam
Source: Australia Network
Seonju telah merancang sejumlah pakaian dan gaun-gaun dengan menggabungkan unsur klasik Eropa.
Ia mengatakan kalau perkembangan tren fashion di Korea terus berubah.
“Sekarang banyak orang masih bergaya santai, cenderung casual, tetapi mulai terlihat adanya padu padan dengan gaya lain," ujarnya.
3. Bo Y Kim
Bo Y Kim
Source: Australia Network
Kecepatan internet di Korea Selatan yang luar biasa, dimanfaatkan oleh Bo Y Kim, yang pertama kali memperkenalkan konsep e-store atau butik online, Storets.

“Saat saya masih di London, saya kepikiran kenapa tidak warga Korea juga bisa lebih bergaya dari Zara, H&M, atau berjualan di internet seperti ASOS," ujarnya. 

4. Sonro
Sonro
Source: Australia Network
Dengan perkembangan budaya K-pop yang semakin pesat, aksesoris dari Korea Selatan pun semakin digemari dan dipakai oleh banyak orang di dunia.

Perancang Sonro adalah pelopor topi yang memiliki desain unik, tidak sekedar berlambang klub baseball seperti awalnya di Amerika Serikat.

Sonro
Source: Australia Network
“Sonro adalah merk yang cukup terkenal, tidak hanya bagi sejumlah orang yang memang cinta fashion, tapi juga diantara para bintang K-pop yang menjadi pelopor fashion di Korea Selatan," ujarnya.
5. Ju Young Lee
Ju Young Lee
Source: Australia Network

Merancang pakaian dan tren busana terkini sepertinya sudah mengalir dalam darah Ju Young Lee, pemilik label Resurrection, merk fashion untuk pria di Seoul.

“Ibu saya juga perancang busana. Saya pernah merancang busana bagi wanita, lalu saya pikir kenapa tidak merancang busana untuk pria?" ujar Lee.

Ju Young Lee
Source: Australia Network
“Kebetulan sekarang K-pop sedang mewabah di dunia, jadi kesempatan bagi kami para perancang untuk memperkenalkan fashion dari Korea Selatan," ujarnya.
6. Elaine Kim
Elaine Kim
Source: Australia Network

Elaine Kim memiliki peranan penting di Museum Perhiasan Dunia.

Ia menjadi kurator lebih dari 3.000 buah aksesoris yang bisa digunakan untuk dipadankan dengan gaun atau atasan.

Elaine Kim
Source: Australia Network

“Perhiasaan ini memiliki kekuatan lebih dari kata-kata," ujar Kim.

“Ibu sayalah yang memulai koleksi,... Saya kemudian selalu memiliki mimpi untuk memiliki museum perhiasaan."

Impiannya pun terwujud, ia membuka museum perhiasaan miliknya di tahun 2004.

7. Minhe Jung
Minhe Jung
Source: Australia Network
Belum lengkap dunia fashion tanpa kehadiran fotografer.
Minhe Jun telah memiliki pengalaman memotret lebih dari satu dekade, kini ia sudah bekerja dengan sejumlah perancang ternama asal Korea Selatan.

“Ada perkembangan fashion yang luar biasa, yang diikuti perkembangan fotografi," ujar Jun.

Dengan kompetisi yang semakin ketat, Jun merasa kalau setiap fotografer memiliki unsur yang berbeda.

“Semakin banyak jenis pekerjaan fotografi sekarang ini, mulai dari untuk keperluan majalah, merk baju, atau urusan komersil, termasuk juga foto dari fashion jalanan yang semakin digemari, jadi semakin beragam," ujarnya
8. Choi Bok Ho
Choi Bok Ho
Source: Australia Network
Choi Bok Ho termasuk perancang Korea Selatan yang legendaris dan namanya pun sudah diperhitungkan diatas panggung fashion dunia.
Dengan 30 butiknya yang sudah tersebar di daratan Asia, Choi memiliki filosofi tersendiri soal fashion.
"Filosofi saya soal fesyen adalah orang-orang tidak berdandan untuk tubuhnya, tetapi juga untuk pemikirannya," ujar Ho yang sudah berkarir di dunia fashion selama 40 tahun.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement