Rabu 12 Feb 2014 09:45 WIB

Kunjungan Kenegaraan, Francois-Obama Akrab

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Julkifli Marbun
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama
Foto: AP/Charles Dharapak
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Presiden Prancis, Francois Hollande disambut Presiden AS Barack Obama dengan akrab di Gedung Putih, Washington, Selasa (11/2) waktu setempat. Obama bahkan menyambutnya dengan mewah.

Suami Michelle Obama itu sengaja keluar ke jalan untuk menyambut Hollande. Ia mengatakan beberapa kalimat akrab yang menggoda pria berkacamata itu. Obama bergurau bahwa kedekatan AS dan Prancis seperti hubungan mereka dengan sekutu lama, Inggris.

"Selalu menyenangkan menyambut tuan Francois," kata Obama dalam konferensi pers bersama pada Selasa sore. Hollande tak kalah menggoda Obama dengan memanggilnya, "Bapak Presiden, Barack sayang,".

Keakraban mereka berlanjut saat jamuan makan malam. Menu yang disiapkan Gedung Putih menggugah selera Hollande, seperti daging iga sapi dan anggur Amerika. Sekitar 350 tamu turut hadir di jamuan tersebut.

Fakta bahwa Hollande memang diberikan hak istimewa untuk mengunjungi Gedung Putih dalam kunjungan kenegaraan membuat para wartawan penasaran. Prancis adalah  negara kedua yang diterima Obama dalam masa jabatannya. Dilansir Reuters, Rabu (12/2) beberapa wartawan bertanya apakah ini tanda bahwa Prancis menggantikan Inggris sebagai sekutu kuat AS.

Obama menjawabnya dengan diplomatis. "Aku memiliki dua anak yang cantik dan manis, aku tidak bisa memilih antara keduanya, begitu juga dengan negara-negara Eropa, aku tak bisa memilihnya, mereka indah dengan cara masing-masing," kata dia.

Hollande terlihat senang ketika kebagian bicara. Di kesempatan itu ia menimpali Obama. "Yah, saya punya empat anak, jadi itu membuat saya sulit memilih," kata dia. "Tapi kami juga tidak mencoba untuk menjadi favorit siapa pun," lanjutnya pria 56 tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement