Kamis 13 Feb 2014 16:59 WIB

Iran Sumbang Uang ke Rumah Sakit Yahudi

Rep: Elba Damhuri/ Red: Joko Sadewo
Hassan Rouhani
Hassan Rouhani

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pemerintah Iran di bawah Presiden Hassan Rouhani memang selalu mengejutkan dalam bertindak. Beberapa waktu ini, Pemerintah Iran mendatangi sebuah rumah sakit (RS) Yahudi di Teheran, Dr Sapir Hospital and Charity Center, untuk menyerahkan sumbangan sebesar 400 ribu dolar AS.

Sumbangan uang sebanyak itu dibawa langsung saudara laki-laki Presiden Rouhani ke RS yang biasa melayani pasien dari kalangan Yahudi dan Kristen.

"Pemerintah kami bermaksud untuk menyatukan semua kelompok etnik dan agama, jadi kami memutuskan untuk memberikan bantuan ini," kata Hussein Fereydoon, saudara laki-laki Presiden Rouhani itu.

Staf perawat di RS Dr Sapir mengaku sangat terkejut dengan kehadiran saudara presiden itu. Apalagi, yang bersangkutan membawa uang yang tergolong besar atau sekitar Rp 4,25 miliar itu.

"Kami sangat bahagia. Ini luar biasa," kata seorang suster RS Dr Sapir. "Ini pertanda bagus buat kami."

Utusan Presiden Rouhani itu pun menyampaikan pesan kepada pimpinan RS Dr Sapir bahwa kementerian kesehatan akan memberikan perhatian lebih kepada RS.

Dilaporkan kantor berita Mehr, uang yang diberikan itu pun berasal dari kantong Presiden Rouhani. Ada yang mengatakan, uang itu diberikan dalam dua termin, masing-masing 200 ribu dolar.

Sejak berkuasa, Rouhani menapak jalan yang berbeda dengan pendahulunya, Mahmud Ahmadinejad. Ia bersedia melakukan mediasi dengan Amerika Serikat tentang isu nuklir.

Rouhani juga melakukan pendekatan intensif dengan kalangan Yahudi. Ia jarang sekali bicara tentang Israel dan menghidari berdiskusi tentang Holocaust yang digembor-gemborkan Ahmadinejad sebagai sebuah kepalsuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement