Jumat 14 Feb 2014 18:08 WIB

Penganut Katolik di Meksiko Turun Drastis

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Joko Sadewo
Muslim Meksiko
Foto: insideislam.wisc.edu
Muslim Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY — Meskipun Katolik telah menjadi agama dominan di Meksiko selama lima abad, namun persentase umat Katolik di negara itu dilaporkan mengalami penurunan signifikan selama empat dekade terakhir.

Pew Research Center (PRC) mengungkapkan, jumlah umat Katolik di Meksiko jatuh dari 96,7 persen pada 1970, menjadi 82,7 persen pada 2010.“Sebagian dari perubahan ini dikarenakan adanya pertumbuhan pemeluk sekte Kristen lainnya seperti Evangelis, Protestan, dan Saksi Yehovah. Ketiga sekte ini sekarang menjadi agama yang dianut oleh 8 persen penduduk Meksiko,” kata PRC dalam laporannya, seperti dilansir World Bulletin, Jumat (14/2).

Selain berganti keyakinan pada tiga sekte Nasrani di atas, penganut Katolik di Meksiko juga dilaporkan banyak yang akhirnya memeluk Islam. Hingga 2010, jumlah umat Muslim di Meksiko tercatat sebanyak 111 ribu jiwa, atau sekitar 0,1 persen dari total populasi negara ini.

Bahkan, PRC memperkirakan jumlah penganut Muslim di Meksiko akan terus mengalami peningkatan di masa datang. “Pada 2030, umat Muslim di negeri ini diprediksikan mencapi 126 ribu orang.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement