Ahad 16 Feb 2014 18:36 WIB

Demonstran Ukraina Bubar

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Joko Sadewo
Presiden Ukraina Viktor Yanukovych
Foto: Telegraph
Presiden Ukraina Viktor Yanukovych

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV – Setelah lebih dari dua bulan menduduki gedung pemerintahan, para demonstran Ukraina mengosongkan balai kota di Kiev. Pemerinah Ukraina juga telah berjanji untuk mencabut semua tuduhan terhadap para demonstran jika mereka mengosongkan gedung pemerintahan serta menghentikan aksi blokade.

“Gedung balai kota hampir sepenuhnya telah dievakuasi,” kata jurus bicara pihak oposisi Ruslan Andriyko, seperti dilansir BBC. Para demonstran terlihat menjauhi gedung pemerintahan pada Ahad pagi.

Sementara itu, duta besar Swiss di Kiev segera memasuki gedung bangunan untuk mengambil alih bangunan tersebut.Pada Jumat kemarin, pihak yang berwenang pun telah membebaskan 243 tahanan yang telah ditangkap selama kekerasan terjadi. Yanukovych yang meloloskan undang-undang amnesti pada awal bulan ini sepakat untuk bernegosiasi dengan pihak oposisi.

Pekan ini pun, beberapa anggota oposisi pun masih menyerukan untuk melakukan aksi demonstrasi lagi menuntut pemerintah mundur. “Inti dari negosiasi dengan Yanukovych adalah pengunduran dirinya,” kata pemimpin oposisi Yulia Tymoshenko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement